Monday, July 14, 2014

Apa yang terjadi pada pertelevisian indonesia.

ASSALAMUALAIKUM!!! oke, jadi karena ini masih bulan suci ramadhan maka aku memulai postingan ini dengan secara islami, jadi di postinganku kali ini aku pengen ngebahas soal pertelevisian indonesia.

kenapa pertelevisian indonesia? jadi ini adalah sebuah inspirasi yang kudapatkan ketika lagi ........ di wc (isi sendiri) jadi aku mikir tentang apa yang terjadi pada pertelevisian indonesia, sungguh pada saat melakukan ..... (isi sendiri) di wc benar-benar gak penting banget sambil mikir begituan tapi entah kenapa aku mikirin aja yang namanya Pertelevisian indonesia. (Sumpah kalimat pembuka ini gaje banget)

oke untuk mengawali postingan pertamaku di bulan suci ramadhan ini kita awali postingan ini dengan bissmilah.


1. perubahan jadwal tayang karena rating.

iya, perubahan jadwal tayang mungkin terkadang memang gak bisa di bilang selalu buruk, tapi gak semua acara tivi dapat dibuat dalam waktu 24 jam atau di publikasikan perhari.
sebagai contoh kalian ada yang ingat acara TV "MISSION Y" iya sebuah acara yang katanya terinspirasi dari sebuah program TV dengan genre yang sama yaitu "RUNNING MEN" sebuah acara TV di negara gingseng korea. 

ORIGINAL POST BY: ALDISAFADLILLAH
Oke, Kembali soal Mission Y, kalian ingat gak sih kalo dulu waktu masih awal ON AIR nya acara ini, acara ini bagus banget? aku ingat dulu acara ini ada setiap malam sabtu atau jumat malam. tapi karena Rating acara itu selalu tinggi pada setiap minggunya maka para petinggi channel TV yang menyiarkan acara Mission Y membuat acara Mission Y hadir dilayar kaca kita SETIAP HARI!!. bayangin aja ya? acara yang pasti bikinnya susah kaya Mission Y di bikin jadi acara yang setiap hari? bayangin aja gimana capeknya.!

dan karena perubahan jadwal tayang ini acara Mission Y semakin lama, semakin buruk, semakin kehilanggan kualitasnya. dan pada akhirnya acara Mission Y menjadi sebuah acara yang di rekayasa, dimana semua peserta Mission Y disuruh akting habis-habisan dan benar-benar ketahuan bohongnya.

sehingga menyakiti hati para pengemar acara Mission Y dan acara Mission Y yang biasanya tampil cuman seminggu sekali menjadi sebuah acara yang MEMBOSANKAN, dan PENUH KEBOHONGAN.

Perhitungannya sebenarnya simple
Acara tampil seminggu sekali = acara ditunggu-tunggu pemirsa dan kualitasnya terjamin karena pembuatnya memakan waktu yang lama = RATING TINGGI

Acara tampil setiap hari = acara jadi membosankan dan jenuh, Kualitasnya menurun karena waktu pembuatan yang sangat singkat = RATING TURUN.

2. Acara yang seharusnya TAMAT jadi ENGGAK

untuk hal yang satu ini aku bakal mengunakan contoh Tukang Bubur Naik Pesawat Jet.
jujur, sebagai orang yang punya TV dirumah dulu aku cukup suka dengan acara Tukang Bubur Naik Pesawat Jet. karena acara itu mengajarkan kita walau sang pemeran utama cuman penjual bubur tapi dia bisa naik pesawat jet. kenapa kita enggak bisa? sungguh dulu TBNPJ itu benar-benar acara yang bermutu dan cukup bagus.

NAMUN! serangan Rating kembali menyerang, pada setiap cerita pasti ada ending, nah biasanya orang-orang ingin melihat ending dari sebuah maha karya tertentu, tapi gimana kalo sebuah cerita itu gak mempunyai ending? atau penyelesaian cerita? dan acara tersebut terus di LOOP berkali-kali dengan cerita yang gak nyambung demi keberlangsungan cerita tersebut?

Yap! hal tersebut terjadi pada acara Tukang Bubur Naik Pesawat Jet, dimana impian sang penjual bubur untuk menaiki pesawat jet pun telah tercapai dan sang tukang bubur sudah menjadi orang kaya dan membuka cabang warung bubur di udara (dengan pesawat jet) lalu pada saat ending itu RATING menyerang, karena rating acara itu bagus pada akhirnya pemeran utama acara ini dialihkan KE TETANGGA si TUKANG BUBUR, jadi acara yang seharusnya bernama "TUKANG BUBUR NAIK PESAWAT JET", karena terserang rating (Seharusnya) menjadi "TETANGGANYA TUKANG BUBUR YANG NAIK PESAWAT JET"

3. adanya penonton bayaran

Penonton iya sesuai namanya tugas kami hanyalah menonton/menyaksikan/menikmati sebuah acara yang disediakan oleh channel-channel swasta yang merajalela dinegara ini. 
Kami sebagai penonton gak menuntut untuk dibayar, kami sebagai penonton hanya butuh hiburan untuk menghilangkan lelah ketika selesai melakukan aktifitas kami sehari-hari, 

TERUS? BAGAIMANA JIKA PENONTON ITU MENUNTUT BAYARAN?

iya sebut saja sebuah acara namanya YEKAES ingat kan acara yang dulu pernah booming sebagai acara pada saat bulan ramadhan tahun lalu? dan karena (Lagi) Rating YEKAES tinggi acara yang namanya YOEK Kitha Sahoer tersebut akhirnya berubah menjadi YOEK KHEEP SMHILE, dan disiarkan setiap hari di layar kaca penonton indonesia. 

seperti yang terjadi pada acara Mission Y acara ini mulai kehilangan kualitas dan kehilangan penonton, oleh karena itu para penonton pun akhirnya DIBAYAR untuk menonton acara ini, dan tugas penonton bayaran ini gampang yaitu kamu harus tertawa gila ketika sang pemeran melawak walaupun lawakan itu tidak lucu!

Contoh :

EEE... Penonton ini mukanya si Fatimeh mirip Taplak Meja!
*Kemudian terdengar suara tertawa yang dipaksakan*

AAAAAAAA!!! Hahahaaha!! Huuu!! HAAAA!!!!

padahal? dimana lucunya? dimana bagusnya sebuah acara yang penontonnya palsu?

(Bonus)

4. adanya acara yang menjiplak sebuah film-film box office.

iya kalo hal yang ini mungkin gak harus aku jelasin karena judulnya sudah menjelaskan semuanya.

acara-acara jiplakan seperti

Cantik-cantik Sering gila = Twilight Versi 100 episode
Teddy = film TED yang animasinya JELEK
Cinta Cekot Cekot = Sebuah acara Korea yang seharusnya 1 season dibikin menjadi 3 season 


mungkin cukup sampe disini postingan kali ini, semoga postingan ini dibaca oleh para petinggi channel-channel swasta yang ada di negara ini agar mereka sadar, bahwa yang mereka butuhkan bukan rating, melainkan kualitas.

"A Great Show is not about how often we see them, it's about the quality and the enjoyment of making a great show" -aldisafadlillah, 2014 #QuoteKeren


oke, saya aldisa fadlillah pamit undur diri. Wassalamualaikum.!

20 comments:

  1. tuben tulisan lu kritis begini dis..
    buener banget. yanggue sebel banget itu tukang bubur naik pesawat jet. itu kan cerpen doang taauukkk.. bisa jadi 1000 episod gitu... udah kemana-mana itu mah ceritanya.


    terus gue paling eneg banget sama cara joged gojed gak jelas, kayaknya semua berlomba-lomba masang muka jeleknya di kamrea yang di zoom sampe upilnya keliatan. ada juga bikin penonton ilfil dah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha beneran? tukang bubur naik jet itu cerpen? wkwk baaru tau mbak

      Delete
    2. iya cerpen taukk.. bukunya itu kumpulan cerpen. asma nadia dan beberapa penulis lain.
      catatan hati seorang istri itu juga bukan tulisan asma nadia doang, itu kumpulan cerpen dari beberapa penulis. asma nadia penyunting nya.

      Delete
  2. sepertinya fungsi penonton bayaran itu buat pencitraan yak
    supaya tayangannya berkesan lucu (padahal mah garing)
    dan kesannya laku
    hehehe

    dan yg menyebalkan tu kalo tayangan tivinya nggak tamat -___-
    mau protes kemana coba,
    klo perubahan jam tayang karena rating, tivi nanyangin acara tiap hari krna rating naik tapi lama2 bikin bosen penonton juga klo alurnya mulai ga jelas (sinetron khususnya).

    ReplyDelete
  3. Gak punya TV lagi, sudah lama tewas dihajar petir. Acara TV sekarang ternyata gitu, ya. Baru ngeh. Mending beli parabola dan bisa menikmati banyak saluran tanpa bayar. Beragam pula. Bisa kabur dari acaar TV Indonesia yang nyebelin dan ngulang-alik.
    Apa menariknya rating? Yang penting kualitas acara. Ingat pula, TV sekarang harus bersaing dengan internet, hoho. Cuma kasihan orang kecil yang dicekoki tontonan gak bermutu, tiada pilihan.

    ReplyDelete
  4. Waduh, kembali tersadar dengan posting ini, bahwa tv indonesia lagi sakit parah banget. Akut malah...
    Lo bener juga ya, acaranya pada aneh-aneh, malahan ada yang sampe digugat luar negeri, kayak Kau yang berasal dari mars, #eh
    Padahal kalau mau kreatif kan bisa bikin acara yang kece banget.
    Apalagi ini kan Indonesia, plisdeh for God sake deh, kita punya SDM dan SDA yang bisa ngasilin acara tv yang kreatif dan mendidik.

    Dan yang paling bikin eneg itu acara yekaes yang gaje itu tuh plus seperti yang lo posting, tukang bubur yang udah 1000 episode lebih tapi gak selesai juga.

    ReplyDelete
  5. I love your quotes, Dis. Of course. It's all about quality, not quantity. Percuma sering ditayangin tapi nggak berkualitas dan membosankan. Contoh aja kayak super trap yang tayang nggak setiap hari. Itu acara dari dulu sampe sekarang masih bisa bikin aku ketawa ngakak.

    Tapi ya paa daya. Pemilik chanel TV sekarang lebih mentingin rating. Nggak peduli penonton suka apa nggak. Sekarang acara TV yang menurutku agak keren ya cuma NET. Udah setaun berjalan dan lumayan lah acaranya. Semoga dia nggak terkontaminasi juga sama acara palsu yang lain :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak jangan bikin iri deh ya, disamarinda channel NET gak masuk *NangisGuling2*

      Delete
  6. iya miris banget emang acara acara tivi indonesia sekarang. enggak tivi nasional, enggak tivi swasta sama aja sajian acaranya enggak mutu, cuma ngejar rating doang. suka emosi sendiri kalo di rumah nonton tivi. untung di kostan aku enggk ada tipi. sempet heran juga sih sama temen kampus gue yang sampe ngambek2 sama orang tuanya gara2 minta tipi enggak di beli beliin. lah apanya yg mau di liat dari acara tivi maha gak penting. gue sih kalo di beliin tivi buat di kostan mending gue jual lagi. masih banyak hiburan keren selain nonton tivi

    ReplyDelete
  7. mission y udah nggak pernah aku tonton lagi. udah nggak ada jesmil soalnya dis.
    tau sendiri kan aku nggak pernah nonton tv lagi. mau ada cantik cantik sering gila atau cinta cekat cekot ya aku nggak tau -__-
    karena pertelevisian udah kayak gini, aku memilih nggak nonton tv dan juga jadi penyiar radio aja hahahah

    ReplyDelete
  8. wahahaha, beneer banget itu, gue tuh paling nggak nyaman kalau lihat tayangan televisi ada penonton bayarannya yangsuka duduk lesehan didepan itu, bukannya memperindah tayangan tapi bikin nggak nyaman, karena apa apa diteriakin, yang nggak lucu di sorakin, dll -_- ah pokoknya gitu ah. btw baru pertama nih gue ke sini, follow balik ya :D

    ReplyDelete
  9. whahaaha.. aku prnah nih buat tulisan yang beginian.. gara2 ada sinetron yang niru2 korea tuh,, jadi geregetan pengen nulis XD

    kamu bukan haters kan? maksudnya tiap ada apa2 dibenciin, dikomenin, apalah.. jangan niru gue ya, soalnya gue haters sejati :D

    kalo penasaran sama postingannya kesini aja deh :D http://tetcotet.blogspot.com/2014/05/plagiarisasi-tanda-otak-gak-jalan.html

    ReplyDelete
  10. Hahahaha sumpah ngakak sama plesetan namanya, Tetangganya Tukan Bubur Naik Pesawat Jet, Cantik-Cantik Sering Gila, Cinta Cekat-Cekot atau apalah itu asli kocak banget :D

    Yap bener, karna rating sekarang SEMUA acara tv gak bermutu. Nglawak dikit, gak lucu, ngakaknya kayak orang kesambet pocong. Terus itu sinetron apa pula per scene-nya isinya semua pemeran, mana ceritanya gaje lagi.

    Ohya, aku baru tau loh kalo Mission Y itu penuh rekayasa ._. Rekayasanya di mana yak? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. nntn aja episode yang sekarang gak sebagus dulu, gak boleh lari, kaya jelek aja gitu kalo dulu itu kaya extrim lari-larian, sekarang aneh banget

      Delete
  11. waalaikumsalam!! mumpung masih bulan ramadhan, jadi aku jawab salam kamu diatas wkwk.

    bener banget deh, kayaknya aku juga sepemikiran sama kamu. acara-acara di televisi sekarang udah gaada yang mendidik. semua lebih mementingkan rating dan uang.

    mission y itu juga udah ketahuan banget kalo mereka akting. terus ada juga sinetron yang ga tamat-tamat -_-. penonton bayaran pun sudah beredar dimana-mana... dan yang paling parah ada sinetron yang menjiplak box office luar negeri -_-

    yaa semoga saja lah pertelevisian indonesia bisa mendidik. aku juga sedikit bersyukur kok kalo acara joget-jogetan itu juga sudah dihilangkan hehe.

    ReplyDelete
  12. dulu aku juga sering nonton mission Y, dan acara itu masuk daftar acara yang wajib aku tonton setiap weekend. tapi sekarang udah nggak, la itu sekarang udah gak jelas gitu -_-

    yang mirip yekaes sih banyak, fesbukers itu kan juga mirip sm yekaes malah lebih lama kalo gak salah -_-
    tapi ya semua balik ke pribadi masing-masing, kalo emang gak suka ya gausah ditonton aja. gitu sih menurutku.

    ReplyDelete
  13. Waalaikumsalam :))

    Bener bangett! acara tv sekarang kayaknya kurang bermutu banget. Malahan gaje lagi -__-
    yang aku heran sih sinetron-sinetron yang ngikutin luar negeri. Bukankah di negara kita ini banyak tuh penulis skenario berbakat, lah kenapa harus pake cerita punya orang? Hellowwhhhh :\

    TBNH itu dulunya cuma tayang sekitar durasi 1 jam lebih, tayangnya dulu di TP*yang sekarang jadi mn*. Yaaa sepertinya manusia memang tidak puas, ngerasa rating tinggi ya malah ditambahin. Nggak mikirin kalo itu acara bermanfaat atau nggak??

    Yaaaaa kita sebagai penonton mending dimatiin aja tvnya :))

    ReplyDelete
  14. ahh, tidak diragukan lagi kamu memang penikmat tipi abiss sampai tahu bangett dari hal hal beginian..tapi emang sihh yang paling malesin adalah kalo seharusnya tamat jadi nggak tamat cuman gara gara ratingnya melonjak naik. jadinya ceritanya dipanjang panjangin dan terkesan maksa...jelek abisss...ga cuman box office tuh ada juga yang ngejiplak drama korea yang sekarang jadi disiarin lagi noooh...errrr nggak banget emang...menyedihkan

    ReplyDelete
  15. setuju deh sama kamu, sekarang pertelevisian Indonesia udah ga mikirin kualitas lagi. yang penting rating naik, naik, dan naik. ya hasilnya itu tadi, kualitasnya jadi menurun gara-gara terlalu dipaksain, penonton jg jadi males dah nontonnya gara-gara ga ada yang ditunggu-tunggu, lah setiap hari ada wkwk.

    btw ngakak bet itu yang Cinta Cekat Cekot HAHAHAHAHA, sebuah pensensoran dengan cara yang kreatif.

    oh iya boleh ngasih saran ga kak? tulisannya dirapihin lagi aja kak, huruf kapital, EYD, dsb. biar nambah asik bacanya... makasih kaak:))

    ReplyDelete
  16. menurut aku yang acara yang paling jenuh itu yang tukang bubur naik ..............
    membosankan banget,,

    ReplyDelete

Commentlah dengan baik dan benar..
Dilarang mengunakan Tulisan 4l@y
Muahahahaha