Thursday, August 7, 2014

#TutorialKece - Belajar Main Gitar (Basic)

Hallo!!! kembali lagi bersama saya aldisa fadlillah, disebuah rubrik baru di blog ini. namanya #TutorialKece Apakah itu #TutorialKece ? jadi ditutorial ini aku pengen memberikan (Sedikit) ilmu yang aku tau atau bisa, yang kemungkinan akan menaikan tingkat ke KECE an kamu di masyarakat dari kamu yang awalnya tidak di pandang di masyarakat dan tidak terkenal dan susah bergaul dan gak punya teman dan JOMBLO!
untuk menjadi lebih Kece siapa tau setelah mengikuti #TutorialKece kalian mendadak menjadi manusia terkece dalam sejarah manusia? (Emm.. kayanya gak gitu juga sih) sebenarnya rubrik ini cuman buat nambahin kuota postingan di blog ini aja sih.

Oke untuk episode perdana di #TutorialKece ini aku pengen memberikan tutorial tentang!!!!!!!
Cara Main Gitar!!!!



yeee!!!!! sebelum kita mulai tutorial perdana ini aku mau kalian untuk mempersiapkan

-satu buah gitar (ingat satu aja loh ya? kalo dua atau tiga kayanya ribet)
*tapi untuk kalian yang gak punya gitar bisa minjem atau kalian bisa make gitar virtual yang ada di hape-hape jaman sekarang*

- enam buah senar (sedikit informasi nih : kalo gitar itu senarnya ada 6/8/12 tapi yang paling mainstream itu 6, terus kalo ada 4/5 itu gitar bass okeh?)

oke kalo sudah siap aku pengen ngasih tau sedikit informasi buat kalian yang benar-benar masih pemula dalam bermain gitar, jadi main gitar itu gak cuman asal genjreng loh ya,
ada 2 hal basic yang harus kalian tau yaitu ada Chords (Kunci) dan ada Tabs (emmm.. bahasa indonesianya aku gak tau yang dipetik itu loh)

tapi karena ini tutorial basic jadi kita belajar yang Chords aja ya? soalnya kalo Tabs itu nanti kalo sudah agak jagoan dikit.

sebelum mulai pastikan gitar kalian sudah di tune (Setel) dengan nada yang pas.
nada standar itu adalah (EADGBE) kalo belum bisa nyetel gitar kalian bisa cari aplikasi Tunning gitar kaya Pitch Perfect (PC) atau GStrings (Android) download aja gratis ko.

setelah kalian sukses untuk tunning gitar kalian, sekarang kalian tinggal belajar kunci-kunci dasar.

kunci dasar yang pertama adalah C 
 



kunci ini adalah kunci yang wajib kalian tau kalo belajar gitar, oh iya pastikan semua senar yang ada digitar harus bunyi ya? jangan ada yang Blank Note (nada kosong) kalo senar gak mau bunyi kalian harus menekan senar sedikit lebih keras.

Kunci dasar yang kedua adalah G

http://worshiptutorials.com/wp-content/uploads/2012/07/G.jpg
Kunci ini memang sedikit susah untuk pemula karena jarak jangkau jari orang itu berbeda-beda tapi kalo sering latihan ntar terbiasa ko.

Kunci dasar yang ketiga adalah F

Kunci ini membutuhkan tehnik MUTE pada senar paling akhir atau senar satu, jadi kalo suara senar terakhir pada kunci F itu sedikit redam hal itu normal.

kunci dasar yang terakhir adalah kunci Em
     

Kunci ini adalah kunci yang paling gampang diantara semua kunci diatas, dan suaranya yang paling cerah.

oh iya mungkin ada sedikit bonus.

yaitu kunci D&DM kunci ini gak terlalu susah ko cuman dia gak masuk kunci dasar aja sih.
     
 


nah, kalo kalian sudah jago dengan Lima kunci diatas, aku sudah memilihkan sebuah lagu yang kuncinya cuman ke Enam kunci yang ada diatas.

Today My Life Begins
Artist: Bruno Mars

Intro(1x): C G F F



C                     G       
i've been working hard so long
F
seems like pay has been my only friend
C                           G
my fragile heart's been done so wrong
F
i wondered if i'd ever heal again


Dm                            Em
ohh just like all the seasons never stay the same
F                          G
all around me i can feel a change (ohh)


C                              G                       Am
i will break these chains that bind me, happiness will find me
               F
leave the past behind me, today my life begins
C                    G                         Am
a whole new world is waiting it's mine for the takin
               F
i know i can make it, today my life begins

More?


Mungkin cukup sampe disini episode rubrik baru ini, semoga materi ini bermanfaat, dan semoga cepat jago ya main gitarnya.
sampai jumpa bulan depan dengan tutorial yang lebih Kece!!!

20 comments:

  1. Mending yang ini disimpan dulu untuk Palung kalau nanti besar sudah belajar main gitar. Makasih tipsnya. Sayang tak punya gitar. Pernah belajar gitaran tapi cuma bisa beberapa kunci saja dan sekarang sudah lama lupa. Hihi.
    BTW, meski lebaran telah lewat, berhubung baru bisa OL lagi, mohon maaf lahir batin jika ada komenku yang tak ngenakin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak minal aidin wal fa idzin juga ya. maafin kalo aku sering comment absurd hehe

      Delete
  2. Wah Disaaaa makasih banyak atas #TutorialKece-nya ya. Sangat bermanfaat. Berkali-kali belajar gitar, tiap mau mainin lupa mulu kunci dasarnya. Nulis di kertas tapi kertasnya ilang-ilang mulu. Yang ini boleh deh aku save hihi..

    Dulu pertama diajarin yang paling gampang itu Demi Waktu lagunya Ungu yang udah jadul banget. Soalnya nadanya gitu-gitu terus sampe kiamat._.

    ReplyDelete
  3. dis, gue dari dulu pengeeen banget bisa main gitar, soalnya gue iri lihat ayah gue bisa banget main gitar. tapi pas gue genjreng tuh gitar bunyinya sama sekali gak merdu. sumbang-sumbang basah gitu dis. padahal kuncinya udah bener. apa jari-jari gue ya yang salah?

    gue cuma pernah belajar sama saudara gue, lagunya waktu itu Hampa (Ari Lasso), tapi ya gitu, bunyinya gak enak banget, sumbang. tapi makasih tutorialnya. jadi pengen belajar gitar lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nekan senarnya kurang kuat, soalnya kalo masih belajar tangannya harus dibiasain.

      Delete
    2. iya kali ya dis. mungkin terlalu pelan nekan senarnya. tapi pernah agak keras sampe jari merah2 semua juga sumbang dis. tapi ntar dicoba lagi deh.

      Delete
    3. sedikit tips, kalo tangannya mudah luka waktu metik gitar biasain sbelum latihan tangannya direndam make air hangat 2-3 menit nanti jadi enakan ko

      Delete
  4. loh iyakah? itu tabs sama chord itu beda ya. kukira sama artinya..
    gilak, aku masih ingat dulu kita beli gitar sama sama, sekarang kamu udah buat tutorial main gitar gini, aku belum bisa main gitar -___-

    tumben postinganmu berbobot dis. biasanya marah marah aja kamu dis hahahahah

    ReplyDelete
  5. bwahaha ini, jangan ngaku cowo kalo lo gabisa mainin gitar buat naklukin cewe ya gak dis ? jiaah main gitar nya si oke, nakluki cewe nya ituuu wkwk

    buat orang yang emang uda bisa maen gitar (yang di maksud di sini adalah gua) sebenrnya yaa itu emang chord2 dasar si tapi buat lagu itu doang, kasi liat yang lengkap laah wkwk ama kunci gantung sekalian biar pada muter jari nya wkwk

    ReplyDelete
  6. Sudah lupa berapa tahun lamanya aku belajar gitar, tapi gak pernah bisa. Sempat beberapa bulan lalu ada perkembangan, terus gak bisa lagi karena lupa kunci. Haha. Dan aku selalu malu sama cewek yg jago gitar. Sebagai cowok, aku merasa gagal.

    ReplyDelete
  7. AAAaaakkk~ suka banget sama cowok yang main gitar...!!! #eh
    hehe, eniwei itu lagunya Bruno Mars keren banget. Gue sukaaa!!!

    Duh, seandainya gue bisa main gitar. =____=
    Mau dong diajarin kamu :p

    ReplyDelete
  8. pengen sih belajar gitar. cuman ya gitu, tanganku ini terlalu mini -___- jadi susah banget pas belajar neken senarnya. udah gitu aku ini lupaan. baru juga kemarin belajar, eh besok udah lupa -_-
    terus yang paling penting, takut kalo jari-jariku pada kapalan kebanyakan metik gitar hahaha :D

    ReplyDelete
  9. behhhhhhhh keren bisa main gitar :|
    Vina boro boro main gitar, taunya kunci C ajahhh :\

    kalau megang gitar, gonjrang ganjreng di c ajahhh sampai habis 1 lagu ;v
    wkwkwkwkwkwkw

    tapi keren bisa bikin tutorial gini, semangat yak :D menuhin kuota postingannya

    ReplyDelete
  10. ngeband bareng yok
    ngeband-ung naik kereta, hehehe

    udah lama nih ga main gitar
    kalau main gitar akustik, siap2 jari sakit dulu awalnya
    hahaha

    eh bro, itu kunci g jari tengah ga terlalu mundur y?

    ReplyDelete
  11. wah ajarin dong!!! pasti elo jago ya mai gitar. Gue dari dulu cuma bisa kunci dasar aja sih, tapi menurut gue juga udah enak kalao buat gitaran :D, soalnya gue sering cari chord sendiri :)

    ReplyDelete
  12. okay makasih Dis buat tutorialnya yang gue juga binguuung karena gue nggak bisa main gitar..lu bikin tutorial berarti lu udah jago dong, cepetan dong diupload di soundcloud kalo begitu, biarr asoy Dis, hehehehehe

    ReplyDelete
  13. Dulu. Iya, dulu. Pas jaman galau-galau banget. Aku sedang giat-giatnya belajar gitar, dan memang bebalnya minta ampun. Gak bisa-bisa. Udah gitu sok-sokan gaul pake upload video lagi gitaran ke youtube haha. Dan selalu iri setiap kali ngeliat cowo yang jago mainin gitar.. keren ah. Kapan-kapan pengen belajar lagi, tapi gak pengen galau lagi. Oh kamu temennya Kukuh yak

    ReplyDelete

Commentlah dengan baik dan benar..
Dilarang mengunakan Tulisan 4l@y
Muahahahaha