Tuesday, February 19, 2013

Aku Suka Dammy...!!!!

iya dammy pasti sebagian dari kalian gak ada yang tau apa itu dammy? yakan? dammy itu Kulit Buah yang namanya Cempedak yang di fermentasi menjadi Dammy.... makanan khas kalimantan gitu..
rasanya dammy itu asin asem gimana gitu, pokoknya enak apa lagi ditemani dengan sambal. tapi kalo menurut lidah orang sih ada yang gak suka. padahal kandungan Gizi Cempedak itu tinggi lohh melebihi nangka Dsb.



Kisah awal aku jatuh cinta sama si dammy
pada suatu hari ada seorang anak yang nginap dirumah neneknya.. #SuaraSuling
*Loooh ko malah dongeng.. dah lama jadi gini..
waktu itu kan aku sama sepupu-sepupuku nginap di rumah nenek terus waktu pagi-pagi aku dibangunkan oleh suara Wajan yang sedang mengoreng..
dan aromanya itu *beeuuh* Nikmat bangeettt....
awalnya aku gak tau nenek lagi masak apa..
terus aku tanya ''Nek masak apa?''
terus nenek menjawab ''masak Dammy Dis''
''Dammy? apa itu?''
''Ayam Turki'' *nama lain dari Dammy*
''hah?! Ayam Turki?'' *Pikiranku langsung mikirin ayam yang buat ThanksGiving itu..*
Terus dengan gk sabar aku nunggu di meja makan..
dan *TARrAA* Si ayam turki pun di sajikan di meja..
aku pun bingung ''Ko kecil? kotak-kotak lagi
*yaa Kurang lebih kaya gambar di sampinglah*
''Emang mau yang gimana?'' bilang nenek..
dengan bingung aku jawab ''katanya ayam turki ko bentuknya gk kaya ayam nek?''
Secara Mengejutkan nenekku ketawa..
''haha ikam ni masa kada tahu apa itu ayam turki? itu tuh nama lain dari kulit Cempedak, urang banjar ko kada tahu..''
Translate: kamu ini masa gak tau apa itu ayam turki? itu tuh nama lain dari kulit Cempedak, orang banjar ko gak tahu..''
Dengan agak ragu aku pun merasakan yang namanya Si Dammy ini..
pertama-tama rasanya Kenyal Renyah gimana... Gitu..
tapi Rasanya Enaakk....
dan sampai Sekarang aku pun masih ketagihan dengan yang namanya SI Dammy ini..
bahkan setiap musim panen Cempedak aku minta mama buat belikan satu topless kerupuk..
dan itu paling cuman bertahan 2 bulan.. soalnya semua penghuni rumahku pada doyan sama si dammy ini...

Dan sekian cerita kulit cempedakku...
ini ceritaku mana ceritamu??

Original Post By SI Kebo

16 comments:

  1. wahahahaha masa ingat kejadiannya di tepat nenek?

    ReplyDelete
  2. Itu serius kulit cempedak ?
    Yang aku tau bijinya yang bisa direbus, lah ini kulitnya digoreng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di fermentasi dulu...
      terus di goreng bilangnya mamaku sih itu kimchinya samarinda

      Delete
  3. waaaa... dammy bukannya kuit nangka ya? hahhaa
    penasaran nich pengin makan dammy rasanya gmna hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya kaya ayam yang renyah kenyal gimana gitu..

      Delete
  4. ya amppuuunn baru tau dammy dari kulit cempedak, pengen nyoba juga, pensaran sama ceritany,kayaknya beneran enak,,hhmm emg masakan Indonesia kreatif2 banget,,hahaha kulit aja bisa dibuat makanan (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak lagi katanya mamaku itu KIMCHInya orang samarinda..

      Delete
  5. waaahhhhhhh...........

    di pekanbaru juga ada loh dammy.. tapi namanya bukan itu.. namanya ya kulit cempedak goreng..
    ternyata khas kalimantan yaa..

    tapi susah juga nyarinya disini, bikin sendiri baru bisa..

    ReplyDelete
  6. paketin ke Surabaya dong! gak ada di tempatku nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. barter yok??
      agan kirimin saya Belalang goreng?
      dari dulu pengen ngerasain tapi gk pernah kesampaian

      Delete
  7. wah penasaran nih ma rasanya...
    kuliner indonesia mmg gak akan abis buat di bahas...

    ReplyDelete
  8. gue kira DAMN IT ! whaha :D

    serius baru sekarang tau kalo cempedak kulitnya bisa dimakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kulit dalam loh ya bukan kulit yang ada duri-durinya itu..

      Delete
  9. aku tau tu bisa dimaan. tapi baru tau namanya dammy. untung aja nggak sammy namanya :D

    ReplyDelete

Commentlah dengan baik dan benar..
Dilarang mengunakan Tulisan 4l@y
Muahahahaha